Bedakan Relasi, Fungsi, dan Korespondensi

Bismillah…

Setelah UTS, kelas 8 masuk ke materi baru, tapi setelah UTS aye ga bisa masuk kelas selama 2 pekan (4 pertemuan), jadi murid-murid dibiarkan belajar mandiri mempelajari terlebih dahulu materi baru tentang “Fungsi”, 2 pertemuan terakhir aye kirimlah modul untuk mereka catat, yang isinya, menurut aye sih cukup menjelaskan. Pekan ketiga, aye udah mulai aktif ngajar lagi, qta bahaslah yang kemarin sempat dipelajari, ternyata murid-murid pada ga ngerti, ya udah aye jelasin lah dari awal apa itu relasi, gimana bentuknya, ada apa aja di dalamnya. Setelah beberapa saat, aye kira, sudah pahamlah merekan tentang relasi.

Selanjutnya aye coba masuk ke pembahasan fungsi dan korespondensi satu-satu yang merupakan bagian dari relasi. Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus paham dulu kan apa kesamaan dan apa beda relasi, fungsi, dan korespondensi satu-satu. Penjelasan aye cukup panjang dengan menggunakan bahasa buku yang udah aye transformasikan ke modul yang enak buat mereka pahami (harapannya), tapi murid-murid makin bingung, waktu terus berjalan, materi harus segera beres tersampaikan, karena kelas kami sudah banyak tertinggal. Akhirnya aye coba pake bahasa yang akrab untuk mereka dengar dan kenali tentang cara membedakan relasi, fungsi, dan korespondensi satu-satu.

Kita awali dulu dari sini, yang kami pelajari tentang relasi 2 himpunan. Himpunan asal yang sering dikenal dengan domain mempunyai relasi ke himpunan kawan (kodomain), sehingga anggota kodomain yang dikenai relasi oleh domain kami sebut dengan range (daerah hasil). Yah, kta ga usah beribet lah dengan sebutan, yang penting ngerti mana asal, mana hasil😀.

Aye nerangin ke anak-anak kaya gini,

Coba perhatikan diagram panah berikut :

fungsi 22 

2 Relasi di atas merupakan fungsi, karena daerah asal :

  • Semua anggotanya  memiliki relasi
  • Tidak ada yang ngejomblo
  • Tidak ada yang mendua

Sedangkan yang dinamakan korespondensi satu-satu adalah tiap anggota daerah asal hanya mempunyai satu relasi ke daerah kawan, kedua daerah tersebut masing-masing anggotanya :

  • hanya boleh mempunyai 1 pasangan saja
  • tidak booelh ada yang jomblo
  • tidak boleh ada yang mendua

korespondensi

ibaratnya kalo korespondensi satu-satu mah keluarga sakinah, mawadah, warohmah😀

Nah kalo relasi, daerah asal ataupun daerah kawan tidak ada aturan main dalam menjalin relasi satu sama lain, boleh ngejomblo, boleh mendua, seperti diagram di bawah ini :

relasi

Artikel lain tentang fungsi ada di sini.

7 thoughts on “Bedakan Relasi, Fungsi, dan Korespondensi

    • situ blogger? pengen tau dong gw, emang ada standar operation prosedure buat nulis blog gitu? yang gw tau juga adanya terms of my blog, yg isinya, klo mau nulis blog ato mau komen kudu SOPAN!
      lo lg stress gara2 ga bisa bedain relasi & fungsi y? hahahaha..

    • Bero, kan bukan blog ente, ngapain ente ngejek-ngejek, toh belum tentu blog ente lebih bermanfaat dari ini. kan yang penting yang liat bisa nerima apa maksudnya (no offense)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s