Tebak angka 9

Bismillah…

Pertama kali masuk kelas, aye ngajar kelas x bab pertama tentang “Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma”. Niat awalan aye ingin memperkenalkan semua bilangan yang ada di matematika, karena dalam materi ini kita harus bisa membedakan mana bilangan real, bilangan bulat, bilangan rasional dan bilangan irasional, maka lewat games inilah saya perkenalkan jenis-jenis bilangan di dalam matematika. Begini gamesnya :

Murid-murid harus menebak ada berapa angka 9 di antara 0-100?

Kumpulkan semua jawaban mereka, biarkan mereka menebak-nebak angkanya dan berfikir ada maksud apa dari permainan ini. Karena ini awal pertemuan kami di kelas, maka ga ada salahnya donk, maen games sambil kita kenalan. Jadi tiap murid yang jawab 1 jawaban, harus memperkenalkan dirinya, dari nama, asal, ttl, hobi, motto, cita-cita, dan icon😀. Banyak jawaban dan variatif mereka berfikir, ada yang asal tebak, ada yang ‘kerang kerung’ memikirkan ‘permainan macam apa ini?’, tapi asik aja yang ada kalo pembawaannya fun mah😀

Setelah cukup terkumpul jawabannya, kita arahkan pemikiran murid ke jenis-jenis bilangan yang mereka ketahui terlebih dahulu. Murid sma pastinya akan tau, apa itu bilangan bulat, bilangan asli, bilangan cacah, bilangan prima, kita biarkan terlebih dahulu mereka mengeksplorasi pengetahuan mereka tentang bilangan itu sendiri. Dan setelah mereka ‘give up’ kita tampilkan bagan bilangan yang dipelajari di matematika, kurang lebih bagannya seperti ini :

Nah, dari sini kita mulai mengoreksi jawaban murid-murid. Ternyata dalam matematika 1 pertanyaan tidak harus pasti ada 1 jawaban, tapi dari 1 pertanyaan ini bisa ada banyak jawaban. Angka 9 yang ditanyakan di atas bisa dijawab jika kita tau 1-100 itu merupakan anggota bilangan apa? Maka inilah jawabannya..

  1. Jika 0-100 merupakan anggota bilangan real, maka angka 9 yang ada diantaranya sangat banyak sekali, tak terhingga.
  2. Jika 0-100 anggota bilangan bulat, maka angka 9 terdapat 20 buah.
  3. Jika 0-100 anggota bilangan prima, maka angka 9 terdapat 7 buah.
  4. Jika 0-100 anggota bilangan komposit, maka angka 9 ada 13 buah.
  5. Jika 0-100 anggota bilangan bulat ganjil, maka angka 9 ada 15 buah.
  6. Jika 0-100 anggota bilangan bulat genap, maka angka 9 ada 5 buah.
  7. Jika 0-100 anggota bilangan biner, maka angka 9 tidak ada sama sekali😀.
  8. Mungkin ada jawaban lain lagi…

Pesan dari games ini, selain untuk mengenalkan macam-macam bilangan dalam matematika, terdapat beberapa pesan yang bisa disampaikan kepada murid-murid, diantaranya :

  • kita juga bisa mengajak murid-murid untuk berfikir kritis, sebelum menjawab pertanyaan, kita harus tau dulu info lengkap/ data untuk menjawab pertanyaan science secara pasti,
  • berfikir kreatif, karena dari 1 pertanyaan bisa mempunyai banyak jawaban,
  • think out of the box, pastinya, mencoba menelusuri(menganalisa) asal-usul pertanyaan itu diajukan,
  • melatih kita untuk lebih teliti dalam menghadapi permasalahan.

Waktu sma dulu saia bingung banget dengan perbedaan bilangan asli dan bilangan real, kalo liat secara bahasa kan sama-sama aja ya, ternyata setelah kuliah saia baru tau perbedaannya, bilangan asli adalah bilangan bulat positif (di mulai dari angka 1) biasa disymbolkan dengan huruf N, karena berasal dari kata Natural, sedangkan bilangan real mencangkup semua bilangan yang sering saia pelajari swaktu sma termasuk bilangan bulat dan biasa disymbolkan dengan huruf R (Real). Saya kira murid-murid saya juga akan penasaran akan hal ini, ternyata komentar mereka, dengan mengetahui ini, hanya membuat mereka tambah bingung saja,, hehehe,, aye reply aje, ya sudah ga usah terlalu difikirin, jangan terlalu serius kalo belajar matematika, yang penting kamu bisa jawab pertanyaan nanti, hahahaha :D…

Mudah-mudahan masa depan anak bangsa bisa lebih cerah kalo aye ngajar,, hehehe,, coz tiap kali temen aye tau kalo aye jadi guru, komen pertama mereka adalah “bagaimana nasib bangsa selanjutnya?” *sambil geleng2 kepala😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s