Matematika dan Hidupku

Bismillah…

Mungkin akan sulit sekali saya menjelaskan hal ini. Tapi akan saya mulai dari Matematika itu sendiri.

Menurutku matematika tidak perlu banyak kata, tidak perlu banyak bahasa, karena sesungguhnya 1 huruf, 1 lambang, 1 angka pun dapat berbicara, menjelaskan makna apa yang ia kandung di dalamnya. Sebagai contoh :

a=1 & b=1 → ab=1, a+b=?

bisa ga jawabnya? cuma liat doank, ga ada kalimat dalam bentuk kata untuk menjelaskan kalimat matematika tersebut, Anda pasti sudah bisa ngerti kan apa yang ia inginkan? Syaratnya Anda hanya perlu tau apa arti symbol ‘tanda panah’ di sini. Kalo saya coba transformasikan kalimat matematika tersebut ke dalam kalimat yang mengandung kata, kurang lebih seperti ini :

Jika nilai a sama dengan 1 dan nilai b sama dengan 1, maka nilai a dikali nilai b sama dengan 1, jadi berapakah  nilai a jika ditambah dengan niai b?🙂

Menurut Anda mana yg lebih enak dibaca? mana yang lebih efekif? mana yang lebih efisien?

Mungkin dari sana hidup saya yang agak kaku dimulai, berfikir bahwa hidup bisa lebih efektif, efisien dan gampang dimengerti jika saya tidak banyak bicara, tapi nyatanya semua orang berbeda. Tidak bisa saya memaksakan karakter saya kepada semua orang, tidak selamanya orang akan mengerti maksud saya jika saya hanya mengeluarkan simbol-simbol dengan sepat dua patah kata yang mungkin keluar terpatah-patah dari mulut saya😀.

Pada dasarnya matematika datang untuk menyederhakan suatu permasalah yang rumit, dari sanalah muncul klasifikasi bilangan, bentuk aljabar, trigonometri, limit, turunan, integral, logaritma, lohika matematika dst. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan masalahnya. Ilmu itupun berkembang agar bisa lebih enak dipakai manusia, ada yang berkembang lewat pemodelan matematika, statistika, geometri, analisis dsb. Percayalah, dalam kehidupan matematika datang untuk mempermudah bukan mempersulit, mungkin ketika mempelajarinya akan terasa sulit jika yang tidak suka melihat angka tanpa kata, tapi sunggu itu sangat berguna bagi kehidupan Anda. #sumpehloh

Beranjak dari sana pula fikiran saya bekerja, jika menghadapi suatu permasalahan, maka akan saya kumpulkan berbagai hal yang berkaitan dengannya dan mencoba menyederhanakan permasalah tersebut agar gampang dicerna, mudah untuk mencari peluang dan solusi tanpa banyak menimbulkan efek sampingnya. Namun pemikiran manusia berbeda-beda, kadang hal yang telah saya fikirkan menjadi terlalu simple bagi mereka, karena terlalu gampang untuk ditemukan solusinya. Dalam hal, security juga kadang saya memberi ide yang mereka jarang fikirkan, tapi tanggapan kebanyakan orang, itu terlalu mudah, padahal lata belakang saya memberi ide adalah melihat dari sasaran dari siapa dan apa yang perlu di securitykan, mungkin itu terlalu simple, tapi bukankah itu yang diminta?

Ah, hidup hidup,,, ada yang gampang dibikin sulit, ada yang sulit dibikin gampang tapi menjadi masalah baru…

Yah, itulah hal baru yang secara tidak langsung dan tidak saya sadari telah menempel dalam diri saya, semenjak saya belajar matematika lebih dalam. Semoga bisa mengerti apa yang saya sampaikan. Terimakasih😀

Jayalah terus permatematikaan Indonesia!😀

Leave a Reply

