2 hal simple penyebab terjadinya hutang

Bismillah…

SHINee euforia

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami hal ini, dimana kita berada di atas atau di bawah.

Bagi beberapa orang akhir bulan merupakan akhir dari segalanya. Kalo Anda termasuk orang yang dikirimi uang saku atao menerima gaji di awal bulan, maka Uang tidak akan berarti apa-apa di awal bulan, namun jika menjelang akhir bulan, tiba-tiba kondisi mengharuskan anda untuk sangat menghargai sepeser uang. Bahkan bisa sampe ngutang juga klo Anda kurang bisa memanage keuangan Anda atau Anda males ngambil uang dari tabungan Anda, karena tabungan terlalu keramat untuk diganggu.

Nah, dari permasalahan di ataslah hutang bisa timbul, kasus simpel yang sering dialami🙂 diantaranya :

  1. Akhir bulan udah seret, mau  ngambil tabungan, ntr bisa melenceng dari target, makin susah lagi nabal bolongannya. ya udah, ngutang dulu aja dah ke temen, pasa awal bulan di bayar.
  2. Akhir  bulan dah ditransfer nih, atm yang ada cuma atm pecahan 100ribuan, ya udah deh ga apa2 ambil aja. Aduh aus nih, bli minum ah 1 gelas air mineral, oopss duitnya 100rban, ga ada kembalian, gimana donk. ngutang lagi berarti😦

Karena alurnya hampir seperti itu terus, maka terasanya sakit ketika awal bulan dapet duit, tapi di pertengahan musti ngeluarin duit buat bayar itu hutang semua. Fluktuasi yang terjadi cukup ekstrim.

Hikmah yang bisa diambil dari sini adalah :

  • cobalah untuk manage uang yang bener biar pinter.
  • Ternyata hutang bisa mempererat tali ukhuwah, tapi kalo ga bayar-bayar ya tanggung sendiri resikonya🙂
  • Pas dapet duit, langsung anggarin buat infaq, pengeluaran wajib (termasuk hutang), dan tabungan, sisanya itu yang dipake selama 1 bulan ke depan ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s