KTP elektronik

Bismillah…

contoh e-IDTahun 2012, seluruh warga Indonesia bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, ujar Pa Marjan A Iskandar, Kepala Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) saat Konferensi pers Catatan Akhir Tahun Penerapan Teknologi di Indonesia (Selasa, 29/12).-Republika newspaper-

Tujuan pembuatan KTP Elektronik ini agar bisa memudahkan kegiatan yang berkaitan dengan identitas warga, salah satunya dalam kegiatan pemilu. KTP elektronik ini lanjutnya akan ditangani olh Depdagri, BPPT berkontribusi dalam pembuatan software seperti chip dan isi KTP, dan card rider KTP, termasuk databasenya.

KTP elektronik ini menggunakan kombinasi teknologi Indonesia (ga tau yang mananya) dan teknologi dari luar (Automated Fingerprint Identification System (AFIS) untuk teknologi sidik jarinya). KTP elektronik ini sudah digunakan di beberapa negara, diantaranya Cina, Korea, Singapura. Nah, gw bingung, kok tumben jepang ma USA blom nerapin.. Untuk saat ini, KTP elektronik bakalan diuji coba di enam kabupaten/kota yaitu Padang, Denpasar, Makasar, Jogja, Jambrana dan Cirebon, katanya hasilnya bagus. akhri tahun ini Pa Marzan dan Mendagri akan mengecek ke Bali. Rada terlintas dipikiran iseng gw, skalian tahun baruan di sono kali ye..

Bentuk KTP ini mirip kartu ATM, di dalamnya ada sidik jari (biometrik) trus disimpan di chip tadi. Kemaren gw baru nonton film Mr. Brain, film Jepang, tentang kerjasama Police dan IPS (Institute Police Science) mengungkap berbagai kasus kriminal dengan menggunakan teknologi yang canggih dan gelombang otak manusia. yang bikin gw kagum dari film itu, hampir semua warga Jepang ada di database mereka, bukan cuma sidik jari kawan, termasuk DNA juga ada. Sekilas, tanpa mikirin ini itu, gw rasa klo KTP elektronik memuat ID DNA juga keren, atau okelah di KTP cuman ada sidik jari, tapi klo di database ada DNA juga, mahal pasti, ribet juga, tapi blom saatnya gw mikirin😦

keuntungan dari KTP elektronik ini, (panggil e-ID aja kali ya, biar hemat) salah satunya

Ya, kita tunggu aja, katanya pembuatan KTP ini akan mulai 2010 besok, dan semoga bisa diterapkan 2012 nanti. 2012 gw udah jadi apa ya? oh, mungkin salah satu pengurus database disana, atau software developer KTP elektronik itu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s