Digitalkan kasetmu..

Bismillah…

pada punya lagu kenangan? pada punya koleksi kaset?

sekarang dunia audio dah beralih ke mp3, ga lagi kaset, selain mp3 praktis dan bisa didapet gratis, mp3 juga ga gampang rusak. Beda ama kaset, klo dah lama ga distel, bisa rusak, atau suaranya ga karuan. Tapi sayang, kita dah punya banyak koleksi lagu2 beken pada zamannya di kaset itu,,

Nah,,biar lagu2 kita di kaset masih bisa tetep didenger enak, kita bisa digitalkan kaset kita. Selain bisa didengerin di komputer, file-nya bisa kita sharing juga dengan yang lain. Caranya, kita tinggal pake software audacity aja, dan ikuti petunjuk di bawah ini :

mau?

Mendigitalkan Audio yang berasal dari Kaset pada Audacity

Audacity dapat diperoleh gratis dari situs web-nya http://audacity.sourceforge.net. Di sana tersedia dua versi: stabil dan beta. Sebaiknya kita pilih versi stabil untuk menghindari masalah yang mungkin timbul. Peranti lunak dalam versi beta biasanya masih dalam tahap uji coba dan masih punya banyak bug yang mengganggu. Kita cuma ingin menggunakannya untuk memangkas lagu. Pilihlah versi installer yang lebih mudah digunakan. File yang di-download bernama audacity-win.1.2.4b.exe, berukuran 2,21 MB.

Perangkat-perangkat yang diperlukan :

  1. PC dengan soundcart yang memiliki colokan line-in
  2. Tape untuk memutarkan kaset yang mempunyai colokan line-out (colokan yang biasanya dipasang kabel berujung merah dan putih atau merah dan hitam), colokan headphone di tape bisa juga dipakai.
  3. Kabel pendukung. Kabel yang digunakan tergantung kabel yang digunakan di tape. Output di tape yang bisa digunakan ada dua, yaitu lineout speaker dan line-out headphone. Kalau yang digunakan lineout untuk speaker, carilah kabel Y dengan 2 RCA(berwarna mearah dan putih atau merah dan hitam) pada satu ujung dan 1 mini DIN pada ujung lainnya. Kalau colokan headphone yang mau dipakainya, kedua ujung kabel yang dipakai adalah mini DIN.
  4. Kaset tentunya, yang akan dijadikan mp3.

Langkah-langkah mengkonversikannya :

  1. Colok-colokan kabel ke tempat-tempatnya. Di tape yang ada line-out speaker, jack RCA warna merah dicolokan ke lineout speaker kanan, sedangkan yang putih atau hitam dicolokan ke speaker kiri. Tapi kalau lone-out headphone yang digunakan, langsung saja colokkan salah satu mini DIN.
  2. Masukan kaset ke dalam tape dan paskan posisi pitanya pada lagu yang hendak dijadikan mp3. Kalau mau dari awal, paskan posisi pita pada sesaat sebelum lagu pertama dimulai.
  3. Di PC, colokan ujung kabel mini DIN ke line-in soundcard. Biasanya colokan berwarna biru, tapi belum pasti juga, pastikan saja di buku manualnya.
  4. Akses volume control dari system tray. Klik ganda di icon bergambar speaker. Di volume control, klik Option>Properties. Muncullah jendela untuk mengatur Properties. Klik Recording sehingga berbagai item dalam kotak berubah. Di dalam kotak itu pastikan line-in telah diberi tanda centang. Lik OK. Tutup Volume Control.
  5. Jalankan Audacity, pastikan menu input selector adalah Line In. Di sisi kiri menu input selesction, turunkan volumenya sampai habis. Rekaman pertama ini dibuat untuk percobaan terlebih dahulu. Volume suara yang akan dicoba-coba di sini. Gunanya agar volume MP3 yang dihasilkan tidak terlalu kecil atau malah terlalu besar.
  6. Tekan tombol untuk merekan di Audacity  , segera beralih ke tape dan tekan Play. Di Audacity aturlah volume suara yang tadi dikecilkan.
  7. Perhatikan dua kotak L dan R yang ada di pojok kanan. Di setiap kotak terdapat garis berwarna hijau itu mentok ke kanan mengakibatkan ujung kanan kotak itu berwarna merah. Usahakan garis hijau itu berada di kanan namun tidak menyentuh ujung kanan kotak L dan R.
  8. Kalau sudah berhasil menemukan pengaturan volume yang tepat. Hentikan rekaman dan tekan Stop pada kaset. Klik [X] di sisi Audio Track di Audacity. Putar kaset hingga ke posisi sebelum percobaan tadi dan kini lakukanlah rekaman sebetulnya. Tekan lagi tombol perekam pada Audacity dan langsung tekan Play di tape.
  9. Rekaman akan berlangsung. Ketika lagu yang direkam telah selesai, tekan tombol Stop   di Audacity.
  10. Save pekerjaan kita di File>Save Projrct As atau langsung di Eksport As …. (.wav; .mp3; .ogg vorbis)

Khusus untuk MP3 Export Setup, kita diharuskan memiliki file encoder agar bisa melakukan export audio ke format ulang MP3. Encodeer tersebut bernama LAME MP3 yang bisa di-download dari http://www-user.york.ac.ukl~ raa110/audacity/lame.html.

Saat ini, versi LAME terbaru adalah 3.96.1. File yang tersedia biasanya dimampatkan dalam bentuk ZIP. Download file ini. Namanya kemungkinan adalah lame-3.96.1.zip, dengan ukuran 600 kB. Jika sudah didapat, ekstrak file tersebut ke sembarang folder. Pada MP3 Export Setup, klik Find Library, lalu cari file yang bernama lame_enc.dll yang apstinya berada dalam folder tempat kita mengekstrak tadi. Agar kualitas MP3 yang kita hasilkan ada di atas standar, naikan Bit Rate-nya menjadi 192.

kaset pemutar mp3

nah klo alatnya kaya gini,,c jadul yang mengikuti perkembangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s